Kamis, 05 April 2012

Berbenah untuk GP12, Berharap lebih baik dari musim yang lalu (1000cc)

Valentino Rossi bersiap untuk membuka balapan MotoGP Qatar yang akan diselenggarakan pada akhir pekan ini. Pembalap Ducati tersebut mencoba untuk realistis dalam menghadapi seri perdana yang dihelat di Losail International Circuit tersebut.

Ducati masih berjuang untuk memperbaiki motor Desmosedici GP12 selama tes pra musim agar mampu bersaing ketat bersama Honda dan Yamaha untuk memperebutkan posisi podium pada tahun 2012.

Motor yang hanya diuji di arena balap selama beberapa hari tersebut telah memberikan Valentino Rossi dan Nicky Hayden front-end feeling yang lebih baik melalui perombakan desain GP12 yang radikal dengan mengusung fitur rangka alumunium twin spar dan sejumlah update komponen baru.

Tetapi Valentino Rossi masih mengeluhkan gejala understeer yang membuatnya kesulitan untuk membelokkan kuda besinya dan membuatnya melebar saat keluar dari tikungan.

Duati hampir mengalami de ja vu saat mereka melakukan kesalahan pada tes pra musim kedua yang diselenggarakan di Sepang. Beruntung, tes terakhir di Jerez memberi kesempatan bagi pabrikan yang bermarkas di Bologna tersebut untuk mengembalikan arah pengembangan motor GP12 ke jalan yang benar.

Meskipun begitu, menjelang balapan Qatar, Valentino Rossi tidak memiliki ekspektasi tinggi namun juara dunia MotoGP sebanyak sembilan kali tersebut akan fokus untuk membenahi motor barunya agar dapat memaksimalkan kemampuan GP12 untuk dapat mendekatkan gap kepada Honda dan Yamaha.

Valentino Rossi mengatakan: “Kami bekerja keras selama musim dingin dan meskipun kami sempat mengambil jalur yang salah, sekali lagi kami mencoba untuk menemukan feeling yang bagus terhadap GP12 yang sudah kami rasakan pada tes yang pertama.

“Dengan settingan yang akan mulai kami gunakan di Qatar, saya bisa mendapatkan masukan bagus dari motor tersebut. Di Losail akan sangat penting untuk bekerja baik sepanjang sesi menjelang kualifikasi, jadi kami bisa meningkatkan kepercayaan diri kami selangkah demi selangkah saat kami mendekati Hari Sabtu untuk terus mencoba memaksimalkan potensi kami.

“Saya realistis dan saya tahu kalau catatan waktu kami masih jauh dan masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Kami takkan bisa menyelesaikannya segera. Tetapi benar adanya, kalau baik kami yang ada di trek dan orang-orang yang ada di markas (Bologna) memiliki rencana pengembangan untuk dikerjakan, dan kami harus mencoba sebaik yang kami bisa.

“Kami takkan sepenuhnya membuat ulang motornya selama musim ini berjalan namun kami akan mencoba untuk membuat kemajuan sedikit demi sedikit.”

Setelah 22 lap, pada tahun 2011 Valentino Rossi menyelesaikan balapan malam Qatar di posisi ketujuh dengan gap 16 detik dari Casey Stoner yang menjadi pemenang. Kala itu The Doctor memulai start dari grid ke-9.

Hasil free practice 1 MotoGP Qatar akan dapat diketahui pada Hari Kamis malam waktu setempat.

Episode perdana MotoGP 2012 merupakan balapan pertama yang menandai dibukanya era 1000cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar